Minggu, 08 November 2009

Manfaat IT bagi pelajar

PEMANFAATAN IT BAGI PELAJAR

Semua orang pasti membutuhkan teknologi. Bagi siswa, teknologi dapat membantu dalam proses pembelajaran. Internet salah satunya. Internet amat berguna untuk pencarian tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Dan juga dapat dijadikan sarana pencarian untuk beberapa materi pelajaran yang ada.

Salah satunya dengan menggunakan mesin pencari atau lebih dikenal search engine. Search engine adalah sebuah program yang dapat diakses melalui Internet yang fungsinya adalah membantu pengguna komputer mencari berbagai hal yang ingin diketahuinya.di Internet terdapat ratusan search engine yang dapat diakses. Namun, search engine yang saat ini sangat populer adalah google, yahoo dan altavista. Saya menganjurkan kepada pemula untuk menggunakan google untuk latihan untuk melakukan searching di Internet.

Semua informasi yang ada dapat diketahui di mesin pencari ini. bagi siswa, Google amat berguna dalam melakukan pencarian berbagai macam data yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran disekolah.

Internet bukan sekedar media pembelajaran saja, Tapi para pelajar disekolah pun banyak menggunakan Internet untuk membangun sebuah komunitas-komunitas kecil yang akhirnya dapat menjadikan sebuah komunitas besar.

Salah satu sarana tersebut adalah Friendster atau lebih dikenal dengan singkatan Fs. Dengan Friendster, kita dapat menjalin suatu komunitas dengan pelajar lain. Selain itu, di Friendster ini juga dapat bertukar Informasi yang saat kini lagi banyak dibicarakan orang-orang. Dengan layout-layout yang begitu indah, pengguna dapat mengkreasikan layout profilnya sendiri dengan lebih Indah dari pada layout yang diberikan oleh Friendster itu sendiri.

Bukan Internet saja yang bisa memberikan kepuasaan bagi para pelajar, Handphone pun juga dapat berguna selayaknya sebuah Komputer. Fungsi Handphone bukan sekedar untuk berkomunikasi, tetapi juga sebagai Media Hiburan disaat kita jenuh. Dengan fasilitas GPRS, pengguna dapat mengakses web dengan mudah. Jadi tidak perlu pergi mencari Warnet. Cukup dengan mengaktifkan setingan gprsnya dan sedikit biaya atau Pulsa.


Selain itu, kita dapat bertukar file dengan teknologi Nirkabel Bluetooth. Bluetooth adalah teknologi pengganti kabel yang bisa menyingkirkan kesemrawutan pengguna dalam menghubungkan antara komputer dengan keyboard, mouse, printer, sound system, kamera digital, mesin faksimile, terminal musik VCD atau MP3 player dan lainnya.

Dengan Bluetooth, kita juda dapat berhubungan antara Handphone dengan Handphone, sound system, Komputer danlainnya. Sebagai contoh, teman-teman penulis dan penulis sendiri, sering bermain Multiplayer Java Game dengan teknologi Bluetooth. Permainan ini dapat dijalankan bilamana masing-masing handphone mempunyai Java game yang sama. Dan penulis juga sering bertukar file gambar, musik dan video yang saat itu didapati dari Internet.

Belum genap satu tahun teknologi yang beru muncul di Indonesia yaitu teknologi 3G (Third Generation). 3G ini membuat layanan telekomunikasi seluler akan semakin canggih dan memanjakan para pengguna jasa telekomunikasi seluler di Tanah Air.


Selama ini para praktisi dan operator sudah sering membicarakan berbagai kelebihan serta fitur dari teknologi jenis ini, seperti kualitas suara yang lebih jernih, kanal suara yang jauh lebih banyak di tiap base station, serta adanya fitur data yang sanggup mengantarkan berbagai aplikasi multimedia ke tiap pelanggan. Penulis juga pernah melakukan fitur 3G ini. Yaitu, Video call. Fitur ini memang memudahkan pengguna untuk dapat berkomunikasi serta dapat melihat lawan bicara kita. Dan bahkan kita dapat melihat situasi dimana teman bicara kita berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar